tips-menabung-cerdas

Kamu merasa pengeluaran mu terlalu banyak, tetapi juga kesusahan menabung? Pas banget nih! Hari ini kita akan bahas cara tips menabung cerdas dan benar. Namun, sebelum itu perlu diketahui dahulu mengapa pengeluaran terlalu banyak tersebut terjadi! 

Table of Contents

Dibandingkan semua generasi, Milenial menjadi generasi penghambur uang terbesar loh. Stefanie O’Connell Rodriguez, penulis dari buku ‘The Broke and Beautiful Life’ serta seorang pakar uang milenial berkata bahwa:

‘Stereotip-nya adalah bahwa kaum milenial membelanjakan uang mereka dengan sembrono, tetapi pengeluaran yang mungkin dianggap sembrono – seperti pengeluaran yang lebih besar untuk layanan streaming dan elektronik, seperti iPhone – mungkin lebih menunjukkan masa kita hidup daripada sebagai tanda kecerobohan. Pengeluaran berlebihan,’.

Aslinya terdapat banyak sekali tips menabung cerdas dan benar dimanapun, baik secara online, lewat buku, video atau bahkan melalui podcast atau audiobook. Kamu juga pastinya sudah pernah mencoba salah satu cara menabung setidaknya sekali kan? Namun, untuk menabung terdengar sangat sulit dan kurang memadai untuk kehidupan milenial. 

Maka dari itu, mari kita eksplorasi pengeluaran apa saja yang dilakukan oleh banyak dari generasi milenial? Mungkin kamu juga melakukan hal yang sama! Dengan mengetahui spesifikasi dari pengeluaran yang dilakukan, akan lebih mudah untuk menentukan cara menabung yang benar untuk kamu!

Apa Saja Pengeluaran Generasi Milenial?

Cara menabung dengan cepat menjadi banyak prioritas generasi milenial yang baru dan biasanya hal ini akan beberapa hal di bawah ini:

  • Kenyamanan

Kenyamanan merupakan salah satu faktor penting dalam hidup bagi generasi milenial. Hal ini membuat mereka bersedia untuk membayar lebih akan apa yang membuat hidup mereka lebih nyaman dan mudah.

‘Kenyamanan adalah alasan utama kaum milenial membelanjakan uang karena kita besar melihat perkembangan aplikasi untuk berbagai macam servis.’ Ujar Erin Lowry, penulis dari buku ‘Broke Millennial Takes On Investing’ serta seorang pakar uang milenial.  

  • Belanja Online

Sekarang melakukan belanja semakin mudah dengan adanya online shopping. Dengan belanja online siapapun bisa mencari dan membeli barang dalam kenyamanan rumahnya atau bahkan dimana saja. Harganya juga terkadang lebih murah dan lebih banyak tipe diskon yang tersedia. 

  • Pembayaran Utang 

Berdasarkan laporan dari Financial Finesse mengenai Laporan Generasi 2017, di Amerika Serikat sendiri para milenial berutang $1,1 Triliun dari $3,6 Triliun jumlah utang konsumen negara. Utang yang diambil oleh generasi milenial biasanya disebabkan oleh meminjam uang untuk pinjaman mahasiswa. 

  • Makanan 

Selain berbelanja online, salah satu pengeluaran yang banyak dilakukan adalah untuk makanan. Berdasarkan Grant Sabatier, penulis dari blog ‘Millennial Money’ berkata bahwa:

‘Kami pasti lebih suka makan di luar dan kenyamanan pengiriman makanan daripada orang tua kami,’ dan hal ini terbukti dari meningkatnya delivery service seperti Grab, GoFood, Shopee foods dan lainnya. 

instagram superyou

Baca Juga: Ketahui Kartu Debit Sebagai Pembayaran Non-Tunai

  • Liburan dan Pengalaman

Liburan serta pengalaman menjadi salah satu aspek penting dalam hidup generasi milenial karena itu sekarang ada istilah seperti healing yang diartikan sebagai aktivitas untuk menyembuhkan luka fisik atau emosional, seperti melakukan kegiatan yang disukai atau lebih banyak mengarah pada liburan.

  • Streaming 

Platform streaming yang merupakan hiburan bagi berbagai generasi menjadi salah satu layanan berbayar yang wajib dimiliki. Meski bisa diakses tanpa bayar, tetapi sebagai kompensasi harus menonton iklan yang bisa berlapis-lapis. Demi kenyamanan mereka, banyak generasi milenial yang menjadikan pembayaran layanan streaming sebagai kewajiban.

  • Dampak Sosial 

Generasi milenial merupakan generasi yang menerobos banyak perubahan dan tidak takut menunjukkan jika mereka tidak menyukai sesuatu. Salah satu bentuk ekspresinya adalah berbelanja ditempat yang visi dan misi brand tersebut sejalan dengan mereka. 

Berdasarkan Evolution of Retail Report dari Euclid, 52% dari kaum generasi milenial berpendapat bahwa visi dan misi yang mereka miliki sejalan dengan sebuah brand. Bagi milenial, mereka lebih suka mendukung brand dengan sebuah misi dan yang membuat sebuah dampak.

8 Cara Menabung Jitu Buat Kamu Yang Baru Mulai Kerja. Apa Saja?

10 Tips Menabung Cerdas dan Benar Yang Memudahkan Kamu!

Tips Menabung Cerdas dan Benar

Memang sih, mulai dari fashion sampai travelling, kebutuhan kaum Millennials dewasa ini terasa semakin bervariasi. Nah, Super Millennials yang baru mulai bekerja, supaya pengeluaranmu lebih hemat namun tetap classy, berikut 10 tips menabung cerdas dan benar demi mengoptimalkan belanja kamu.

1. Anggap menabung seperti bayar tagihan

Tips menabung cepat yang pertama adalah Jangan cepat senang dan puas ketika kalian menerima gaji. Untuk kalian Super Millennials yang sulit menabung, mungkin sudah saatnya kalian memiliki second bank account yang sulit kalian akses. Kemudian buatlah target yang tetap untuk menyisihkan uangmu, layaknya tagihan yang jatuh tempo di hari gajian dan harus dibayar ke akun bank keduamu itu. Misalnya, waktu payday, sebelum buru-buru belanja dan beli kebutuhan, transferkan sepertiga gajimu ke akun bank keduamu. Dengan membatasi kebutuhan kamu pada sisa gajimu, survival instinct-mu akan membuat kamu berpikir setiap hari adalah tanggung bulan. Intinya kamu harus tahu tips menabung yang tepat agar manajemen keuangan kamu tetap seimbang.

2. Menentukan Target Menabung yang Jelas

Ketika hendak menabung, pastikan untuk menentukan target menabung yang jelas. Buat target yang untuk kamu masih bisa diraih dengan menyisihkan uang setiap bulan dan dari keinginan sendiri. Contohnya adalah menabung untuk membeli Hp baru.

3. Mencatat Pengeluaran yang Dilakukan

Salah satu cara menabung yang benar adalah dengan mencatat semua pengeluaran yang dibayar. Hal ini akan mempermudah kamu saat memilah pengeluaran tersebut dan menentukan mana yang penting dan yang harus dikurangi. Mencatat pengeluaran adalah tips menabung cerdas dan benar karena tidak hanya bermanfaat untuk menabung tetapi juga saat mengelola keuangan.

4. Lakukan 3-step checking sebelum belanja

Tips menabung cerdas dan benar selanjutnya adalah 3-step checking atau meskipun sudah ingin belanja, redam dulu sifat impulsif. Sebelum klik beli, pastikan kamu melakukan 3-way checking antara informasi yang didapatkan dari offline, online, dan komunitas. 

Misalnya, saat kamu ingin membeli produk kecantikan, pastikan kamu memperoleh informasi produk dan harga dari toko offline, situs brand, dan beberapa marketplace online. Jangan lupa untuk mengecek review dari beauty bloggers dan para pembeli sebelum kamu, baik mengenai produk maupun mengenai toko yang kamu tuju.

Bila perlu, inilah saatnya untuk menggali informasi dari temanmu yang sudah piawai membeli dan menggunakan produk-produk kecantikan. Agar belanja atau liburanmu lebih hemat, biasakan juga mengecek informasi promo yang sedang berlangsung. Merencanakan belanja dan liburanmu jauh-jauh hari juga bermanfaat lho, siapa tahu ada promo yang memerlukan persiapan khusus terlebih dulu.

5. Pengalaman tidak selalu mahal kok

Event weekend atau liburan seringkali menjadi momen yang membutuhkan banyak pengeluaran. Namun, dengan sedikit kreativitas para Super Millennials bisa menyulap momen-momen tersebut menjadi lebih hemat sekaligus berkesan. Misalnya saja, daripada hangout cantik di mall setiap weekend, cara menabung tanpa mengorbankan pengalaman bisa sesekali menggantinya dengan movie sleepover atau board game night. Jalan-jalan ke museum atau kebun raya juga bisa menjadi opsi rekreasi edukasi untuk anak kamu. Acara tahun baruan pun mungkin dapat diganti dengan acara bakar-bakaran, merujak bareng, atau bahkan camping di halaman rumah. Jika kamu beruntung, pasti akan ada kenangan-kenangan lucu yang bisa kamu ingat sepanjang hidupmu.

6. Resep online bantu menghemat

Tips menabung untuk pelajar atau pekerja yang tinggal sendiri adalah adalah dengan memanfaatkan resep online. Kalau biasanya orang berbelanja menggunakan shopping list baku yang sudah ditulis dari rumah, Super Millennials akan mengeksplorasi dulu bahan makanan pokok yang on promotion

Setelah itu, para Super Millennials baru akan menyesuaikan rencana memasaknya. Dunia digital pun membuat para Super Millennials tidak pernah kehabisan ide karena browsing resep online dapat dilakukan on the spot

Sebagai tambahan, biasakan pergi berbelanja dengan membawa uang cash yang terbatas untuk meredam sifat impulsif membeli pernak-pernik yang tidak perlu.

Baca Juga: Tidak Mungkin Rugi Dengan 5 Perilaku Konsumen Bijak Ini!

7. Cara Menabung Harian 

Untuk cara menabung dengan cepat selanjutnya adalah tips menabung harian. Ini sangat bagus untuk memberikan limit pada pengeluaran harian kamu.

  • Menabung secara manual dengan tunai. Ini tips menabung untuk pelajar yang masih belum memiliki kartu debit atau jika cara menabung di bank kurang cocok. Alokasikan uang tunai dan gunakan secara bijak, sisanya tabung ke celengan. 
  • Jika sering memesan makanan, tips menabung cerdas dan benar selanjutnya adalah untuk memesan dalam porsi lebih kecil atau mengurangi durasi pemesanan. 
  • Sekarang semakin banyak diskon hiburan yang bisa dimaksimalkan sebagai cara menabung yang bijak. Dengan memanfaatkan tempat rekreasi yang menyediakan diskon maka biaya yang dikeluarkan juga tidak begitu besar. 

8. Cara Menabung di Bank

Manfaat menabung di bank ada banyak salah satunya adalah bisa memiliki lebih dari satu rekening dan untuk disesuaikan sesuai kebutuhan. Cara menabung di bank yang benar adalah untuk sudah menyisihkan uang yang ingin ditabung segera ke rekening lainnya dan memangkas pengeluaran tidak penting sehingga tidak perlu menggunakan tabungan kecuali jika dibutuhkan.

9. Bagi Para Pelajar, Manfaatkan Layanan Khusus Pelajar 

Banyak layanan yang menyediakan manfaat khusus bagi pelajar dan biasanya akan mendapatkan diskon yang cukup murah. Dengan memanfaatkan hal tersebut pengeluaran akan berkurang dan bisa menabung lebih banyak. Contohnya adalah manfaat menabung di bank yang menyediakan layanan pelajar. Biasanya tabungan pelajar memiiliki biaya setoran awal dan administrasi bulanan yang sangat kecil loh

10. Mitigasi risiko-risiko yang tak terduga

Tips menabung yang terakhir adalah mengantisipasi risiko tak terduga. Meskipun sifatnya masih belum pasti, ada risiko-risiko yang berpeluang membuat pengeluaran keluargamu jadi melonjak tinggi. Sisihkan sedikit dari penghasilan kamu untuk beli asuransi online.

super merdeka asuransi kesehatan

Pastikan kamu membeli asuransi yang mudah, murah, dan sesuai kebutuhanmu saja, seperti asuransi kesehatan dari Super You dengan membayar premi mulai dari Rp135.000 per bulan saja kamu sudah bisa menghemat potensi pengeluaran dana yang besar saat terjadi risiko.

Artikel Terkait